Bahan Khotbah yang Membahas Tentang Pengampunan
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 12 July 2024

Kalangan Sendiri

Bahan Khotbah yang Membahas Tentang Pengampunan

Claudia Jessica Official Writer
953

Pengampunan adalah salah satu ajaran penting dalam iman Kristen, namun sering kali tidak mudah untuk dilaksanakan. Mengampuni bukan hanya soal melupakan kesalahan, tetapi juga memaafkan dengan tulus dari hati.

Sebagai orang percaya, kita diajak untuk selalu saling mengingatkan pentingnya pengampunan demi kedamaian dan hubungan yang harmonis.

Dalam artikel ini, kami menyediakan beberapa bahan khotbah yang membahas tentang pengampunan.

Semoga bahan-bahan ini dapat membantu Anda dalam menyampaikan pesan pengampunan yang penuh kasih dan kebenaran, serta menjadi sumber inspirasi bagi jemaat untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

1. JUDUL: Apakah Tuhan Mengampuni Semua Dosa Kita? Yang Sudah Lalu dan di Masa Datang?

Kita semua adalah manusia berdosa. Tidak peduli siapa kita atau seberapa dekat kita kepada Tuhan. Tidak peduli apakah kita dibesarkan di gereja, atau di tempat lain. Tidak peduli apakah kita rajin membaca alkitab atau tidak. Tidak peduli seberapa bagus gelar kita, jabatan kita, dan apapun yang kita lakukan, kita adalah manusia berdosa sekalipun kita berusaha sebaik mungkin untuk tidak berbuat dosa.

Anda mungkin pernah membaca bagian dari Alkitab yang mengatakan bahwa dosa-dosa kita telah dihapuskan. Namun, dalam lubuk hati kita atau pikiran kita, terkadang kita bertanya-tanya, apakah Tuhan benar-benar mengampuni dosa kita?

Bahan Khotbah yang Membahas Tentang Pengampunan ini bisa Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

2. JUDUL: Belajar Arti Mengampuni Dari Perumpamaan Hamba Yang Jahat

Hati kita sangat mudah terluka, baik oleh perkataan atau tindakan seseorang. Tidak sedikit orang yang sulit mengampuni, terlebih yang melukainya adalah orang terdekat, seseorang yang mereka percaya dan mereka kasihi.  

Anak melukai hati orangtuanya, anak memendam sakit hati karena tindakan keras orangtuanya, pasangan dikecewakan oleh suami atau isterinya, keluarga menjadi menjauh karena perkataan saudara atau ipar, dan bahkan menantu terluka karena perlakuan mertuanya. 

Mengampuni adalah konsep yang indah, sampai akhirnya kita harus menjadi pihak yang memberikan pengampunan, baru kita menyadari sulit dan sakitnya sebuah tindakan pengampunan.

Bahan Khotbah yang Membahas Tentang Pengampunan ini bisa Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

3. JUDUL: Tuhan Mengampuni Dengan Kasih yang Tak Terbatas

Tidak ada manusia yang tidak berdosa dan kebal dengan dosa. Tidak ada manusia tidak pernah jatuh dalam dosa. Setiap kita punya latar belakang dan track record tentang kesalahan dan dosa bahkan hal-hal jahat yang menyakiti Tuhan dan sesama.

Tapi berita baiknya adalah berapa besarnya pun dosa kita dan sebesar apapun kesalahan yang kita buat, Tuhan akan selalu memberikan pengampunan bagi kita. Karena Dia adalah “TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.” (Mazmur 103: 8)

Kenapa Tuhan mau mengampuni kita tanpa batas?

Bahan Khotbah yang Membahas Tentang Pengampunan ini bisa Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

4. JUDUL: Bahaya Akar Kepahitan Untuk Tubuh dan Kerohanian Kita, Deteksi Dengan 3 Pertanyaan ini!

Akar kepahitan adalah hal yang sangat mengerikan dalam hidup setiap orang. Akar itu bisa bertumbuh sehingga menghambat pertumbuhan kita dalam Kristus dan itu benar-benar buruk!

Kepahitan bisa berkembang menuju kemarahan yang sangat ekstrim, kita akan bicara buruk mengenai sebuah objek yang kita benci dengan harapan bisa membohongi orang lain untuk setuju dengan kita dan membenarkan perasaan kita.       

Jika itu tidak disingkirkan dan dihancurkan maka kepahitan bisa menghancurkan orang itu sendiri, sedangkan orang yang ia benci mungkin tidak begitu banyak terpengaruh.

Dan selama kita menyimpan kepahitan, orang-orang di sekitar kita akan banyak yang terluka karena kita, relasi-relasi kita semua dihalau, sukacita kita dicuri dan pertumbuhan iman kita terhambat.

Dalam bahan mhotbah yang membahas yentang pengampunan ini Anda bisa membagikan 3 cara untuk kita menemukan akar kepahitan dalam hidup, BACA DI SINI

 

5. JUDUL: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengampuni?

Pernahkah Anda bertanya kapan tepatnya kita harus mengampuni seseorang? 

Jika kita kembali membaca Alkitab dengan baik, kita akan menemukan jawabannya. Bahwa pengampunan adalah hal yang paling mendasar yang menghubungkan kita dengan Tuhan. Melalui pengampunan, kekristenan menjadi sesuatu yang indah. 

Sebagai orang percaya, saya tahu bahwa pengampunan itu sangat penting. Tetapi tidak dipungkiri dalam praktiknya pemahaman ini tidak semudah yang diucapkan. Ada kalanya saya harus bergumul lebih dulu sebelum mengampuni seseorang yang sudah menyakiti saya. Bahkan ego saya berkata bahwa orang yang mengecewakan atau melukai saya tak pantas diampuni. Sebagai manusia, ego kita kadang akan lebih berkuasa.

Saya harus akui bahwa mengampuni bukan pekerjaan yang mudah! Hanya kasih Tuhan yang mampu membuat kita terbuka untuk mengampuni orang lain. Jadi dalam praktiknya, saya hanya bisa mengandalkan supaya kuasa Tuhan bekerja di dalam hati saya, sehingga ego saya ditundukkan dan Roh Kudus memberi saya hati yang penuh belas kasihan untuk mau mengampuni. 

Mengampuni itu mutlak untuk kita lakukan. Kapan waktunya?

Bahan Khotbah yang Membahas Tentang Pengampunan ini bisa Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami